Magang Ceria Litbang Imagro

Salah satu agenda kegiatan pengembangan mahasiswa tahunan dari Departemen Penelitian dan Pengembangan Imagro adalah Magang Imagro. Magang Imagro merupakan kegiatan pengembangan praktik lapangan di perusahaan/balai pertanian. Magang Imagro tahun 2017 dilaksanakan tanggal 24 Juli-5 Agustus di Seruni dan Balelawang. Tujuan dilaksanakan magang ini adalah melatih kemampuan praktik di lapangan dan mengembangkan jiwa enterpreneurship dari mahasiswa Pertanian Universitas Gadjah Mada.
Magang Imagro dilaksanakan di dua lokasi untuk tahun ini, yaitu Seruni dan Balelawang Species Orchid.

Seruni merupakan komunitas pengusaha pertanian yang bergerak di bidang tanaman hortikultura (sayur-sayuran dan buah) yang praktiknya menggunakan sistem organik. Tujuan Seruni adalah memenuhi kebutuhan pangan yang sehat dan murah bagi masyarakat Indonesia. Seruni berdestinasi di Jalan Nakula, Turi. Komoditi tanaman yang diproduksi Seruni antara lain pare, terong, cabai, okra, bayam, kangkung, tomat, melon dan labu botol sebagai produk andalannya. Prinsip kerja Seruni adalah memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia di lahan tersebut sebagai penghemat biaya produksi terutama dalam pembuatan produk pupuk organik Seruni. Seruni merupakan tempat yang sangat bagus untuk kalian yang ingin terjun berwirausaha di bidang Pertanian organik yang hemat dan ramah lingkungan. Magang Ceria Imagro di Seruni berlangsung selama 10 hari.

       Balelawang Species Orchid merupakan lokasi magang Imagro kedua setelah Seruni. Magang di Balelawang Species Orchid berlangsung selama 3 hari. Komoditi yang dibudidayakan Anggrek. Disana kita bisa melihat berbagai plasma nutfah anggrek seperti D. stratiotes, D. spectabille, D. Discolor, Vanda tricolor dan masih banyak lagi. Di Balelawang terdapat 73 lebih species Anggrek asli Indonesia yang bernilai eksotisme tinggi.


Di Balelawang kami belajar mendata Species Anggrek, teknik budidaya dari hulu ke hilir tentang Anggrek, dan segala hal tentang anggrek. Anggrek Balelawang merupakan species yang bukan hasil hibrida sehingga teman-teman yang tertarik melihat anggrek langka bisa datang kesini. Harapan Magang Imagro pada tahun 2018 akan semakin banyak dari jurusan lain untuk ikut dan harapan magang tahun ini berhasil menanamkan jiwa kebanggaan dan entrepreneurship di bidang Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *