fieldtrip “Asapan” (asnocium sekolah lapangan) Imagro

Pada tanggal 12-13 Agustus 2017 yang lalu, telah diadakan kegiatan fieldtrip IMAGRO oleh Departemen Konsenterasi dan Profesi, Divisi Agroteam. Fieldtrip IMAGRO ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan agar satu angkatan mahasiswa Budidaya Pertanian dapat mempelajari bagaimana budidaya tanaman yang langsung praktiknya di lapangan atau langsung dengan ahli praktisnya yaitu petani. Fieldtrip IMAGRO tahun ini dinamai “ASAPAN”, singkatan dari Asnocium Sekolah Lapangan dimana Asnocium merupakan nama angkatan dari mahasiswa Budidaya Pertanian angkatan 2016.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Paguyuban Petani Merbabu, desa Tejosari, kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa tengah.
​Paguyuban Petani Merbabu merupakan Organisasi Rakyat yang bergerak dibidang penanaman tanaman hortikultura (tanaman sayur dan buah). Organisasi ini mendapatkan bantuan dari pihak Desa dalam bentuk peminjaman sarana produksi. Adapun komoditi tanaman yang diproduksi oleh Paguyuban Petani Merbabu adalah kubis, buncis, cabe, tomat, kapri, wortel, brokoli, seledri, selada, sawi dan lain sebagainya.

Paguyuban Petani Merbabu juga membuat sendiri bibit-bibit tanaman yang akan ditanam, maupun dijual.
​Saat penjelasan pembibitan, serta pengenalan lahan dan pembelajaran budidaya tanaman sayur di lahan, Mahasiswa Budidaya Pertanian didampingi oleh Pak Kecuk, selaku anggota dari Paguyuban Petani Merbabu. Sedangkan pada saat diskusi malam hari, didampingi oleh Pak Suremi, selaku Kepala Desa Tejosari.


​Melalui kegiatan Fieldtrip IMAGRO ini, Departemen Konsenterasi Profesi khususnya Divisi Agroteam berharap agar warga Budidaya Pertanian dapat mengetahui bagaimana realita budidaya tanaman di lapangan yang sebenarnya. Serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *