Pelatihan Kultur Jaringan 2017

Telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Kultur Jaringan pada tanggal 28-29 Oktober 2017 di Laboratorium Budidaya Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada oleh Divisi Kultur Jaringan Departemen Konsentrasi Profesi IMAGRO UGM. Pelatihan ini dihadiri oleh 13 orang peserta yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kultur jaringan kepada mahasiswa dan masyarakat umum  tentang kultur jaringan dan manfaatnya di dunia pertanian.

 

Pada hari pertama, kegiatan  dimulai dengan  pemaparan materi oleh mas Irfan Islami, S.P. selaku pembicara dan pembimbing dalam acara ini. Kemudian dilanjutkan dengan tour lab yang bertujuan untuk mengenalkan alat-alat dan tempat yang digunakan dalam kultur jaringan. Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu pembuatan dan sterilisasi media. Dalam pembuatan media ini peserta sangat aktif dan tertarik mencoba untuk melakukannya.

Di hari kedua, acara dimulai dengan kegiatan penanaman di media yang telah peserta buat hari sebelumnya. Peserta sangat antusias mencoba menanam biji kacang tanah dan daun keladi di media mereka masing-masing. Setelah penanaman selesai, kegiatan di lanjutkan dengan rangkaian acara terakhir yaitu aklimatisasi tanaman anggrek. Aklimatisasi adalah kegiatan mengadaptasikan atau memindahkan  tanaman hasil kultur jaringan ke lingkungan aslinya. Hasil dari aklimatisasi ini diperkenankan untuk dibawa pulang peserta sebagai buah tangan dari Pelatihan Kultur Jaringan 2017.

Melalui Pelatihan Kultur Jaringan ini, diharapkan mahasiswa dan masyarakat umum dapat mengenal secara lebih dekat tentang kultur jaringan sebagai salah satu bioteknologi yang mudah untuk diterapkan dan memberikan manfaat yang lebih dalam aspek peningkatan produksi hasil pertanaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *